Cara Menghilangkan Jerawat: Panduan Terlengkap

Puluhan Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dan Aman


Jerawat. Siapa sih yang gak kenal dengan benjolan yang satu ini, yang munculnya kayak mantan yang nyebelin, selalu muncul di saat-saat yang gak tepat.

Di saat teman-teman ngajakin hang out keluar kita mesti batal ikut karena malu keluar rumah dengan banyak bintik - bintik jerawat di sana - sini.

Atau saat sedang masa-masa pedekate eh jerawat segede biji salak malah muncul seenaknya di hidung atau di dahi, walhasil bisa bikin ilfeel gebetan. Uuuh sebel banget kan.

Tapi ya mau gimana lagi, hampir setiap orang yang merasakan masa - masa tumbuh jadi dewasa pasti bakalan ketemu sama yang namanya jerawat.

Dan biasanya ada aja satu - dua temen kamu yang wajahnya tetap bersih dan kinclong tanpa ada satu pun serangan jerawat.

Padahal kamu yakin banget dia itu lebih gak peduli dari kamu soal bersih - bersih muka.

Kok bisa yah? Apa jangan - jangan dia pake susuk nih?

Eits gak boleh suudzon gitu dong. Masa temen sendiri dituduh yang enggak - enggak.

Padahal kamunya aja nih yang kudet tentang perkara jerawat - jerawatan ini.

Mungkin aja temen kamu rajin menyantap makanan- makanan tertentu atau pola hidup dia yang ngebantu dia terhindar dari serangan-serangan jerawat yang nakal itu.

Oh emang ada yah makanan tertentu yang bisa bantu ngilangin jerawat?

Emang ada juga yah pola hidup apa yang mesti dilakuin buat menghindari jerawat?

Yup, ada dong. Tuhan telah menciptakan bumi dan segala isinya ini dengan beragam manfaatnya. Tinggal bagaimana kita memaksimalkannya aja sih.

Cieee udah bijak bestari banget belom tuh? Hehe.​

Jadi, sebenernya ada beberapa makanan dan pola hidup yang bisa kita gunain untuk membantu kita memerangi jerawat - jerawat pengganggu itu.

Mari kita kupas tuntas di sini. Here we go.​

Perhatikan Asupan Nutrisi dan Diet Kamu

1. Cobalah untuk melakukan diet rendah glisemik

Apaan sih diet rendah glisemik itu?

Saat kamu mencari tahu tentang cara menghilangkan jerawat di internet, diet rendah glisemik pasti akan muncul jadi salah satu solusinya.

Diet rendah glisemik itu intinya kamu harus mengurangi makanan - makanan yang bisa menambah kadar gula darah kamu.

Contoh paling sederhananya sih kamu harus mulai mengurangi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti nasi dan gula.​

Tenang kok, kamu gak bener - bener harus berhenti makan pake nasi, cuma agak dikurangin aja.

Jadi kalau kamu mengkonsumsi makanan - makanan yang punya kadar glisemik yang tinggi, itu akan menigkatkan kadar gula darah kamu yang pada akhirnya memicu produksi zat radikal bebas seperti sitokin proinflamasi.

Apa itu sitokin proinflamasi?


Sitokin proinflamasi adalah zat yang merangsang inflamasi sistemik di dalam tubuh.

Dan kalau inflamasi sistemik ini sudah terjadi, maka bersiap - siaplah kamu untuk menyambut kedatangan jerawat.

Selain itu, makanan - makanan dengan kadar glisemik tinggi dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak benjolan - benjolan di wajahmu. Iiiih enggak banget deh ya.

Sedangkan dengan makanan yang rendah glisemik kita dapat mengurangi jerawat secara natural loh.

Kamu gak percaya?

​Baiklah kalo gitu, dikasih deh nih hasil studi dari kivata (bisa dibaca di sini) yang menemukan fakta bahwa para penduduk di pulau Kivata.

1. Kitava adalah sebuah pulau kecil di Papua Nugini yang penduduknya setiap harinya mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan tepung, tanpa gula, sereal, atau pun susu, tidak ditemukan adanya jerawat pada diri mereka.

2. Bahkan juga pada penduduk yang sedang dalam masa remaja. Dan hebatnya lagi tidak ditemukan adanya kasus penyakit jantung, kanker, atau pun obesitas.

Nah makanan yang termasuk dalam kategori rendah glisemik itu diantaranya adalah: 

Makanan Untuk Diet Glisemik

Cara yang mudah untuk membuat makanan kamu mejadi rendah glisemik juga bisa dengan menambahkan kandungan lemak dan protein pada makanan dengan kandungan karbohidrat.

Misalnya kamu bisa menambahkan irisan daging ayam pada semangkuk pasta.​

2. Hindari susu dan produk olahannya

Susu adalah salah satu tersangka dalam timbulnya jerawat di wajah kita.

Dairy Milk

Kandungan hormon IGF-1 pada susu memang menbantu anak sapi untuk tumbuh jadi besar, tapi bagi kulit kita hormon ini menyebakan lebih banyak benjolan minyak dan menyebabkan sel kulit mati dan menumpuk secara bersamaan. Gak banget.

Kandungan kasein pada susu juga dapat meningkatkan munculnya jerawat.

Bagaimana dengan produk olahan dari susu? Apakah dapat menyebabkan jerawat juga?

Begitu juga dengan produk - produk olahan dari susu. Produk olahan ini termasuk ke dalam kategori yang susah untuk dicerna.

Ini berarti produk olahan ini akan tinggal lebih lama di dalam tubuh dan turut serta menyumbang peran dalam munculnya jerawat​.

​Tapi gak berarti susu dan produk olahannya pasti menyebabkan jerawat loh. Karena jerawat itu pada dasarnya memang disebabkan oleh banyak faktor.

​Tapi kalau kamu sudah terserang jerawat, lebih baik kamu hindari mengkonsumsi susu dan produk - produk olahannya.

Kalau kamu tetap susah untuk gak minum susu, susu dari kacang almond bisa jadi penyelamat kamu sebagai alternatif dari susu sapi, asal kamu juga gak alergi kacang-kacangan yah.

Hal penting untuk diingat:

Jerawat timbul disebabkan banyak faktor dan kalau sudah ada tanda-tanda awal kamu jerawatan, lebih baik dihindari dulu minum susu dan produk olahan yang mengandung susu lainnya.

Kamu bisa coba ganti susu sapi dengan susu kacang untuk sementara.

3. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Anti Inflamasi

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, makanan dengan kadar glisemik tinggi dapat menyebabkan inflamasi.

Begitu juga dengan banyak makanan diet sekarang ini yang banyak mengandung asam lemak omega-6 yang tinggi kadar inflamasinya.

Nah untuk itu kita mesti menghindari makanan tersebut dan pilih makanan yang anti inflamasi.

Makanan anti inflamasi itu adalah makanan yang kaya kandungan omega 3 seperti lemak pada ikan, dan kacang-kacangan.​

Dan golongan ikan salmon dan makarel adalah posisi teratas sebagai makanan dengan kandungan omega 3 terbanyak.

Jadi kamu tahu kan lauk apa yang harus lebih sering kita konsumsi dan mudah didapat? Yup, benar sekali, ikan sarden kalengan.

Berikut adalah informasi dari Dr.Axe mengenai makanan yang banyak mengandung Omega-3

Makanan kaya omega

Lihat artikel Dr.Axe disini

Menambahkan probiotik juga akan sangat membantu untuk mencegah inflamasi loh. Probiotik yang bagus bisa kamu peroleh dari bakteri - bakteri baik seperti lactobacillus dan bifidobacterium.

  • Sistem pencernaan kamu membantu kesehatan kulit juga lho. Sistem pencernaan ini yang mencegah patogen dan zat berbahaya lainnya dari merusak sistem lain dalam tubuh kamu.
  • Jika usus kamu terganggu, hal ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan dalam tubuh. Kalau kamu mengkonsumsi makanan kaya Omega-3, maka ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh kamu.

So sehabis makan dengan ikan sarden, pencuci mulutnya bisa pake yoghurt atau minuman fermentasi. Hmm yummi!

Hal penting lainnya:

Probiotic, apabila diminum teratur dapat membantu menghancurkan bakteri-bakteri jahat dalam tubuh termasuk bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

4. Minum Lebih Banyak Lagi Air Putih

Nomor 4 ini adalah cara yang paling mudah dan murah meriah untuk memerangi jerawat kamu.

Apalagi air putih pasti gak bakal jauh - jauh dari kehidupan kita sehari - hari.

Segelas air putih

Air putih itu banyak banget loh manfaatnya buat tubuh kita. Selain bisa menyehatkan kulit, air putih juga membantu ginjal kita untuk membuang racun - racun dari dalam tubuh.​

Tapi kalau ginjal kita kekurangan air untuk menyelesaikan pekerjaannya, mekanisme tubuh kita bakalan mencari cara lain untuk membuang racun - racun tersebut yakni, melalui kulit kita yang berarti meningkatkan kemunculan jerawat.

Kekurangan air pada tubuh juga dapat menyebabkan kulit kita jadi kering. Kulit yang kering ini akan memicu pori - pori kulit mengecil.

Pori - pori yang mengecil akan menyebabkan lebih banyak benjolan minyak pada kulit dan juga kotoran - kotoran sulit keluar yang pada akhirnya akan berujung pada jerawat.

Kok banyak banget yah jalan menuju jerawat haha. Tenang. Banyak jalan juga untuk mengusirnya jauh - jauh hehe.

Eh perlu diingat juga yah kalau minuman bersoda, kopi, teh dan sebagainya gak masuk itungan air putih yah.

Yang satu ini perlu diperhatikan:

Asupan air bersih harus cukup karena dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh. Tapi kamu juga harus ingat untuk tidak terlalu banyak meminum air karena dapat menyebabkan efek kenyang berlebih.

5. Masukkan Superfood Dalam Makananmu

Kalau ada makanan yang bisa memunculkan jerawat, maka ada pula makanan yang bisa mengusirnya. Dan makanan ini dinamakan, superfood. Yeah, its cool. Superfood untuk membasmi jerawat nakal.

Mengenal lebih jauh apa itu superfood

Kenapa makanan ini bisa disebut superfood? Karena kandungannya yang kaya banget dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar tetap sehat dan jauh - jauh dari penyakit.

Apa saja makanan yang masuk ke dalam golongan superfood? Berikut informasi dari stylecraze tentang superfoods:

Superfoods

Baca artikel tentang superfoods disini

6. Hindari Gandum dan Gluten

Roti gandum

Jika kamu sudah melakukan semua hal untuk menghindari jerawat tapi dia masih tetap gak tau diri dan masih juga muncul, berarti ada yang salah dalam usus kamu.

Biasanya ini terkait dengan makanan yang mengandung banyak gluten (gula) seperti gandum atau disebut dengan silent-glutent sensitivity.

Tubuh kita menjadi agak sensi dengan makanan yang mengandung gluten sehingga juga bisa menimbulkan jerawat saat mengkonsumsinya.​

​Apakah jenis makanan ini buruk?

​Jadi apabila seseorang mengkonsumsi makanan dengan kadar gluten tinggi seperti roti gandum, ia akan mengalami gejala seperti kembung dan sembelit.

Untuk mengetahui apakah tubuh anda tinggi kadar glutennya, ada dua cara yang dapat dilakukan.

Yang pertama adalah cek antibody kamu untuk gluten dengan mengetahui kadar anti-gliatin dalam tubuh.

Yang kedua adalah coba jangan mengkonsumi makanan yang mengandung gluten sama sekali.

  • Hindari semua makanan yang mengandung gluten. Hal ini termasuk gandum, barley dan lainnya.
  • Selain gandum, yang mengandung gluten adalah bir, pizza, ice cream cone.
  • Coba cari produk makanan yang terdapat pemberitahuan "Bebas Gluten".
  • Selalu cek bagian pemberitahuan pada produk-produk makanan yang akan kamu beli.
  • Ikan, lemak sehat, dan sayuran adalah jenis makanan dengan kadar gluten rendah atau bebas gluten.

​Cobalah untuk berpuasa gluten selama paling tidak satu bulan untuk mendapatkan hasil maksimal dan membuat kulit lebih sehat.

Hal penting untuk diingat:

Coba untuk berpuasa dari makanan yang menggandung gluten.

Konsumsi lah produk-produk kalengan atau box dengan pemberitahuan bebas gluten.​

7. Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Gak semua lemak itu berakibat buruk untuk tubuh. Contohnya Asam Lemak Omega 3.

makanan dengan omega 3

Omega 3 ini mengandung zat anti inflamasi yang dapat mencegah kerusakan pada kulit dan tentunya mencegah munculnya jerawat.​

Kandungan Omega 3 yang banyak bisa kamu dapatkan pada minyak ikan.

Atau kalau kamu gak suka dengan minyak ikan, kamu juga bisa mengkonsumsi ikan - ikan yang berminyak.

Perlu hati - hati juga saat mengkonsumsi ikan karena kandungan merkurinya yang juga gak baik buat tubuh.

Nah berikut ini adalah ikan - ikan yang dapat kamu pilih karena kandungan omega 3 nya yang banyak tapi juga rendah merkuri:

  • Ikan Teri
  • Salmon
  • Makarel
  • Sarden
  • Ikan Trout

Hal untuk diingat:

Mengkonsumsi makanan dengan Omega-3 yang cukup dapat membantu menghilangkan jerawat anda. 

Tapi juga perlu kamu ketahui, mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak omega-3 terlalu lama dapat menyebabkan masalah radikal bebas dan kerusakan sel.

8. Tingkatkan Dietmu dengan Green Smoothies

Green Smoothies bisa dibilang sebagai minuman kekinian dan menyehatkan.

Green Smoothies ini adalah olahan jus dari sayuran dan buah - buahan yang menghasilkan warna hijau yang penuh akan manfaat untuk tubuh kita.​

glass of smoothies

Green Smoothies ini banyak banget manfaatnya loh. Kandungan klorofilnya dapat mencegah timbulnya jerawat.

Kandungan vitamin K nya juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, yang artinya juga luka - luka pada wajah yang terkena jerawat.

Dan kandungan sulfurnya juga membantu regenerasi pada kulit.

Ada 3 komposisi yang dibutuhkan untuk membuat olahan Green Smothies.

Pertama bahan sayuran atau dedaunan hijaunya. Yang bisa dijadikan Green Smoothies dari kelompok ini adalah:

  • Bayam
  • Kubis
  • Selada
  • Bok Choy
  • Sawi
  • Swiss Chard
  • Daun Dandelion

Kedua adalah kelompok cairannya. Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah:

  • Air Putih
  • Air Kelapa
  • Susu Almond

Dan yang terakhir adalah kelompok buah - buahannya yakni:​

  • Pisang
  • Mangga
  • Berry
  • Jeruk
  • Alpukat
  • Persik
  • Pir
  • Apel
  • Nanas
  • Anggur

Blender terlebih dahulu campuran dedaunan dan airnya, baru pada tahap akhir tambahkan buahnya dan blender lagi.

Berikut adalah informasi menarik tentang bagaimana membuat green smoothies yang menarik dan enak.

cara buat green smoothies

Lihat artikelnya disini.

Voila. Green Smoothies yang segar dan menyehatkan siap untuk kamu seruput hehe.​

Yang harus diingat:

Dengan mengkonsumsi green smoothies ke menu diet kamu, dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit kamu secara alami.

Kamu harus hati-hati dengan penambahan madu atau sirup kedalam green smoothies karena pemakaian gula berlebih dapat menambah timbulnya jerawat.

Ubah Gaya Hidup Kamu

Ada beberapa hal yang harus kamu ubah agar jerawat tidak bermunculan di muka kamu.

Hilangkan kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat dan tips mencegahnya.

1. Olahraga Secara Teratur

Apa hubungannya olahraga dengan jerawat? Bukannya berkeringat sehabis olahraga malah bisa menimbulkan banyak jerawat?​

Salah besar. Aktifitas olahraga justru dapat menekan timbulnya jerawat.

Keringat sehabis berolahraga memang bisa menimbulkan jerawat, tapi itu kalau kamunya emang jorok dan gak bersih - bersih diri sehabis berolahraga.

olahraga secara teratur

Kalau kamu tetap menjaga kebersihan tubuh kamu, olahraga malah akan sangat membantu memerangi jerawat - jerawat kurang ajar ini.

  • Dengan berolahraga, aliran darah akan menjadi lancar dan membantu membersihkan racun - racun di dalam tubuh.
  • Olahraga juga dapat mencegah stres. Stress ini ujung - ujung nya akan menyebabkan jerawat bermunculan saat kita sedang dalam keadaan stres.
  • Olahraga yang dilakukan gak harus yang berat - berat kok. Biasakan saja olahraga yang ringan tapi tetap teratur dilakukannya. Misalnya dengan berjalan atau jogging santai di sekitar tempat tinggal.

Olahraga seperti apa yang harus kita lakukan?

Jenis olahraga yang paling cocok untuk masalah kesehatan kulit adalah olahraga yang tidak terlalu bikin stress dan dengan intensitas rendah.

Kenapa?

Karena olahraga dengan intensitas tinggi dapat menaikkan hormon stress kamu. Dan, dengan tingat hormon stress yang tinggi dapat menyebabkan munculnya jerawat. Kamu nga mau itu terjadi kan?

Jenis olahraga atau aktifitas dengan tingat intensitas rendah juga dapat membakar lemak asal dilakukan dengan benar.

Tinggi tidaknya intensitas olahraga anda dapat diukur melalui detak jantung dan konsumsi udara dari sipelaku kegiatan olahraga tersebut.​

Olahraga yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat

Berjalan kaki

Berjalan kaki

Dan dengan berjalan kaki pada siang hari selama 30 menit bisa membantu mengurangi jerawat (dengan catatan, jalan kakinya ditempat dengan udara bersih ya... Bukan dijalan macet penuh polusi)​.

Yoga

melakukan yoga

Melakukan yoga dengan benar selama 30 menit dapat membakar 200 kalori. Ini bisa membantu menghilangkan toxin dalam tubuh dan secara tidak langsung membantu kesehatan secara menyeluruh.

Berenang

Olahraga renang

Dengan berenang secara teratur bisa membantu membersihkan tubuh dari toxin dan juga membuat kulit kamu sehat (jangan berenang di air kotor atau mengandung kadar chlornie tinggi).

Nah untuk menghindari bertambahnya jerawat setelah berolahraga, kamu harus jaga kebersihan badan.

  • Cuci tangan setelah olahraga

Tangan adalah tempat pertama dari tubuh kita yang paling sering jadi persinggahan bakteri karena kamu akan melakukan banyak kegiatan dengan tangan kamu. Maka sebaiknya, cucilah tangan dengan sabun sebersih mungkin setelah kamu berolahraga.

  • Cuci muka setelah berolahraga

Sewaktu berolahraga, keringat dan toxin keluar dari dalam tubuh melalui pori-pori terutama muka. Bersihkanlah muka dengan cleanser yang cocok untuk mencegah timbulnya jerawat.

  • Gunakan sunblock

Saat berolahraga di luar ruangan, kulit kamu akan terekspos oleh sinar UV (Ultra Violet), apabila terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan kulit dan menimbulkan jerawat. Karena itu, gunakanlah sunblock pada saat kamu berolahraga diluar ruangan.

  • Minum air putih

Dehidrasi membuat pori-pori mengecil. Hal ini dapat menyebabkan minyak dan toxin terperangkap didalam kulit dan tidak bisa keluar. Ini juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, minumlah air secukupnya untuk menghindari dehidrasi.

Tolong diingat (khususnya untuk wanita):

Jangan pernah pakai makeup saat berolahraga, lebih baik tampil natural aja tanpa make up. Karena pemakaian make up saat berolahraga dapat mencegah keringat dan toxin keluar dan hal ini dapat menimbulkan jerawat.

2. Tidur yang Cukup

Tidur adalah salah satu unsur penting dalam hidup kita. Kalau kita kekurangan tidur pasti akan banyak banget efek sampingnya untuk kesehatan kita.

Beberapa efek samping dari kurang tidur ini akan sangat berbahaya untuk tubuh secara keseluruhan.

Kesehatan untuk kulit pun bisa terganggu karena kurangnya istirahat dan kurang tidur.

Mari kita lihat efek-efek negatif yang diakibatkan kurangnya kita beristirahat terutama pada malam hari.​

tidur yang cukup
  • Saat kita kekurangan tidur, maka tingkat stres kita akan meningkat dan tubuh kana meresponnya dengan mengeluarkan hormon kortisol. 
  • Hormon kortisol ini lah yang berperan untuk timbulnya jerawat.
  • Kurang tidur juga dapat menyebabkan resistensi insulin dan inflamasi.

Tapi tidur yang berlebihan juga gak boleh kamu lakukan. Karena juga akan menimbulkan efek negatif untuk tubuh kita.

Tidur yang cukup bukan berarti tentang jumlah jam kita tidur, tapi lebih ke seberapa berkualitas tidur kita.

Seringkali kita sudah tidur cukup lama tapi tetap saja merasa ngantuk, bahkan segelas kopi pun tidak bisa membantu kita untuk segar kembali.​

Nah kondisi tidur yang berlebihan seperti ini juga dapat meningkatkan timbulnya jerawat.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas? Coba cek beberapa tips berikut ini:

  • Pertama
  • kedua
  • ketiga
  • keempat
  • kelima

Kalau kamu masih mengalami gangguan tidur, kamu bisa mencoba untuk mandi dengan air hangat atau menggunakan aroma terapi seperti lavender untuk membantu membuat badan kamu lebih rileks dan lebih mudah tertidur lelap.

Coba ikuti cerita dari Greatist dibawah ini:

Kenapa kita harus cukup tidur

Kunjungi sumber nya disini.

Yang penting untuk dicatat:

Dengan beristirahat dan tidur yang cukup dapat membantu mengontrol jerawat.

3. Berhenti Merokok

Rokok. Tersangka utama dari berbagai macam penyakit ini ternyata juga dapat mempengaruhi jerawat loh.

brenti ngerokok

Yuk, mari kita baca beberapa studi yang dilakukan pada perokok dan hubungannya dengan jerawat.

Studi #1​

Sebuah studi menyatakakan ada hubungan antara rokok dengan timbulnya jerawat pada wanita saat masa pra pubertas, yang biasa disebut dengan jerawat perokok.

Studi #2​

Merokok juga menyebabkan tubuh kita membutuhkan lebih banyak asupan vitamin E. Kurangnya asupan Vitamin E ini dapat menyebabkan kulit kering dan penuaan dini pada kulit.

Studi #3​

Merokok juga dapat menyebabkan menyempitnya pembuluh darah yang akan menyebabkan aliran darah pada sel - sel tubuh berkurang drastis.

Masih nga percaya?

Selain dapat memicu timbulnya jerawat, merokok juga menyebabkan banyak efek negatif lainnya seperti menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Nah, kalau pembuluh darah kamu menyempit, darah yang mengalir ke sel kulit ​menjadi sedikit dan hal ini menyebabkan kulit kamu menjadi kepucatan dan akan menjadi rusak apabila terjadi pada waktu yang lama.

​Hal ini juga dapat merusak kolagen dan produksi protein yang dapat menurunkan tingkat elastisitas kulit.

Tidak peduli berapa batang rokok yang anda hisap setiap harinya, merokok dapat menyebabkan inflamasi dan jerawat dapat timbul seketika itu juga.​

Ini yang harus kamu lakukan:

Stop merokok sekarang juga untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit kamu.

4. Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol

Jika banyak yang menganggap minuman beralkohol dapat menurunkan stres pada diri kita, maka sebaliknya efek minuman beralkohol malahan bisa bikin stres kulit kita.

Alkohol bisa menurunkan sistem imun kamu sehingga bisa membuat bakteri lebih mudah berkembang biak di kulit kita. Simbiosis parasit banget ini mah.

Meminum alkohol juga bisa menaikkan kadar gula darah dan bisa membahayakan juga untuk hati dan ginjal kita.

Apakah minuman beralkohol harus dihindari sepenuhnya untuk menghindari dan menghilangkan jerawat?


Sebetulnya, tidak semua minuman beralkohol itu buruk untuk kulit.

Ada beberapa bahan dalam minuman alkohol itu sendiri yang baik untuk masalah jerawat.

Contohnya, red wine. Minuman ini mengandung antioxidant yang dapat membantu kesehatan kulit. Tapi red wine tidak disarankan untuk dikonsumsi orang yang gampang terkena rosacea.

Ini yang harus kamu ingat:

Alkohol dapat menyebabkan kamu sering buang air. hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. karena itu, disarankan kamu juga banyak minum air sebelum dan sesudah konsumsi alkohol.

5. Mengatur Stres

Sudah mencoba berbagai cara mengenyahkan jerawat dari wajah kamu tapi dia gak mau pergi juga? Bisa jadi tingkat stres yang jadi penyebabnya.

Bagaimana stress menyebabkan jerawat?

Saat pikiran kita sedang banyak - banyaknya, ini bisa menyebabkan stres seperti saat akan menghadapi ujian, wawancara kerja atau pun calon mertua, tubuh kita akan meresponnya dengan mengeluarkan kortisol.

Nah kortisol ini lah yang meningkatkan tekanan darah kamu yang ujung - ujungnya ya jerawat lagi deh muncul. Sebel kan, udah stres ditambah jerawat, makin stres dong.

Jangan khawatir, stres pun bisa untuk kita kontrol agar gak jadi makin runyam.

Salah satu cara yang ampuh untuk menghindari stres adalah dengan sinar matahari.

Berjemur di pagi hari selama 15 menit dapat membantu kita untuk lebih rileks dan mencegah munculnya jerawat karena stres.

Tapi pastikan juga jangan terlalu lama terkena sinar matahari, terlebih lagi kalau sudah siang, bukannya malah menyehatkan, kulit kamu malahan jadi kusam dan terkena banyak efek negatif dari sinar UV matahari.

expose to sunlight

Beberapa cara sederhana untuk mengatasi stress:

  • Buat jurnal dan tulis apa yang membuat kamu menjadi stress.
  • Coba gunakan aroma terapi deh. Aroma seperti lavender dapat membuat kamu jadi lebih rileks dan mengurangi stress.
  • Pemijatan juga dapat mengurangi stress lho. 
  • Kamu udah pernah coba untuk bermeditasi belum? Kalau belum, coba deh. Dijamin bisa kurangi stress.
  • Coba berjalan kaki disore hari ketika matahari sudah tidak terlalu bersemangat. Ini juga salah satu cara kurangi stress (apalagi sambil jajan ... ^^)
  • Coba untuk stretching. Badan kamu akan terasa lebih ringan sesudahnya.
  • Lakukan latihan pernafasan. Ini baik sekali untuk melatih nafas dan baiknya dilakukan pada saat meditasi.

Yang harus kamu tahu tentang stress:

Kita nga bisa menghindari stress. Stress datang tanpa bisa diduga karena hal-hal yang kita hadapi sehari-hari dalam kehidupan kita.

Kalau kamu bisa atasi stress yang datang, kamu bisa coba untuk menggunakan produk yang bisa mengatasi inflamasi dan kulit berminyak.

6. Gunakan Suplemen untuk Kulit

gunakan supplement

Penggunaan suplemen pada kulit akan menjadi pelengkap dari upaya kamu untuk mengatasi jerawat.

Dengan menggunakan suplemen akan membuat kulit menjadi lebih berseri dan cerah, yang artinya kulit kamu jadi sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit termasuk jerawat.​

Kamu nga harus menggunakan semua vitamin dan mineral yang dijual diluar sana untuk menyehatkan kulit. 

Apa saja sih suplemen yang dibutuhkan oleh kulit kita?

Zink

Pertama, Zink dapat membantu regenerasi kulit. Dan kedua, Zink membantu mengatasi inflamasi pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat.

Jumlah Zink yang perlu dikonsumsi oleh wanita berumur 19 tahun ke atas adalah sebanyak 8 mg per hari.

Sedangkan untuk pria dewasa atau remaja bisa mengkonsumsi Zink sebanyak 11 mg per harinya.

Tapi ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga dengan Zink.

Batas toleran pemakain Zink per hari adalah 40 mg. Lebih dari itu dapat menimbulkan efek buruk untuk tubuh kita.

Jika mengkonsumsi Zink secara berlebih akan menyebabkan sakit perut, berkurangnya urin, sampai dengan muntah - muntah.

Vitamin A

Selanjutnya ada Vitamin A. Vitamin A banyak terkandung di dalam berbagai macam produk suplemen untuk kulit.

Vitamin A mempunyai banyak antioksidan dan juga berguna untuk mengobati jerawat.

Dosis yang kamu butuhkan adalah sebanyak 3000 IU (International Unit) jika kamu seorang pria, dan 2300 IU jika kamu seorang wanita, untuk penggunaan dalam sehari.

Jika kamu ingin cepat - cepat mengusir jerawat, dosisnya bisa dinaikkan tapi jangan berlebihan.

Karena kelebihan Vitamin A bisa mengganggu metabolisme tubuh bahkan sampai menyebabkan keguguran. Wah serem juga yah.

Ekstrak Daun Teh Hijau

Selanjutnya ada Ekstrak Teh Hijau. Teh Hijau memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang kaya banget, gak kalah kaya sama Raja Salman deh.

Kamu bisa mengkonsumsi 2 pil dari Ekstrak Teh Hijau yang setara dengan 1000 mg, per harinya.

Selain bisa mencegah kanker, Teh Hijau dapat membantu mencegah jerawat serta membantu menurunkan berat badan loh.

Siapa yang enggak mau coba, langsing plus bebas dari jerawat, ya kan.

Minyak Ikan Kod

Next ada Minyak Ikan Kod. Minyak Ikan Kod mengandung Asam Lemak Omega 3, Vitamin A, dan Vitamin D, yang sangat bagus untuk membantu pemulihan dan regenerasi sel - sel dalam tubuh kita.

Minyak Ikan Kod dalam bentuk kapsul gel adalah suplemen yang paling mudah untuk didapatkan.

Jika ada yang versi fermentasi, lebih baik pilih yang itu, karena versi fermentasi aman dari bahan - bahan kimia tambahan.

Vitamin D

Last but not least is Vitamin D. Sumber paling baik untuk vitamin D adalah sinar matahari saat pagi hari.

Tapi kalau kamu kesulitan mendapatkannya, maka suplemen Vitmain D bisa jadi alternatif yang baik buat kamu.

Vitamin D berguna untuk mencegah inflamasi dan memperkuat daya tahan tubuh serta menghasilkan hormon yang dapat melawan bakteri jahat pada tubuh.

Berjemur selama 15 menit di pagi hari setara dengan 5000 sampai 10000 IU Vitamin D. So, kalau kamu menggunakan suplemen Vitamin D, konsumsilah dengan jumlah yang setara dengan itu.

Kesimpulan tentang supplement:

Supplement baik sebagai tambahan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Akan tetapi, pemakaian supplement sebaiknya dibatasi agar tidak sembarang supplement yang kita konsumsi.

Apabila asupan supplement bisa digantikan dengan makanan alami lainnya akan lebih baik. Seperti contoh, supplement Omega-3 digantikan dengan ikan bandeng. 

Vitamin D digantikan dengan berjalan kaki dan olahraga ringan lainnya.

7. Kebiasaan Memegang Muka

Pegang muka

​Jika kamu terbiasa memegang muka dengan intensitas yang lumayan sering, ini juga bisa menyebabkan jerawat loh.

Tangan kita mungkin memang kelihatannya bersih, tapi sebenarnya tangan kita mengandung berbagai macam bakteri dan kuman, apalagi jika kita sering beraktivitas di luar.​

Bakteri dan kuman tersebut akan pindah ke muka saat kamu memegang muka.

Nah bakteri dan kuman ini nantinya akan masuk ke dalam pori - pori wajah dan menyebabkan jerawat pada akhirnya.

Jadi mesti kamu kurangin tuh pegang - pegang muka sendiri apalagi muka orang lain, jangan bisa dijitak sama yang punya nanti.

Kalau kamu emang kegatelan pengen pegang - pegang muka, gunakan tissu yang bersih yah.

Hal yang perlu diingat:

Ingatlah bahwa tangan kita adalah tempat pertama pada tubuh yang terekspos oleh bakteri dan kuman. Terlebih sehabis kita melakukan aktifitas diluar rumah. 

Cucilah tangan dengan cairan pembunuh kuman steril dan sabun anti bakteri.

Hilangkan kebiasaan memegang muka atau bertopang dagu karena bakteri dan kuman bisa berpindah kemuka kamu dan menyebabkan terjadinya jerawat.

8. Muka Tertutup Rambut

Sama aja dengan tangan, rambut kita juga penuh dengan bakteri dan kuman.

Rambut bagian poni sih biasanya yang menutup muka akan menyebabkan bakteri dan kuman dari rambut berpindah ke muka.

Dan lama kelamaan bakteri dan kuman yang berdiam di pori - pori wajah ini akan menyebabkan timbulnya jerawat.​

Muka tertutup rambut

Beberapa tips agar kamu tidak perlu khawatir jerawat terjadi karena rambut menutup muka.

  • Gunakan vitamin rambut secara rutin agar rambut menjadi sehat
  • Creambath secara teratur
  • Cuci rambut secara teratur
  • Gunakan conditioner yang mengandung vitamin
  • Gunakan bando, ikat rambut ataupun topi untuk menahan rambut agar tidak menutup muka kamu.

Lagian juga ngapain sih mukanya ditutup - tutupin segala, keelokan wajah kamu kan jadi terhalang. Iya kamu, aku ngomongin kamu.

Hal harus kamu ingat:

Gunakan cara diatas seperti mengikat rambut, memakai bando dan topi. Hal ini juga untuk menghindari rambut kamu terekspos debu dan kotoran.

Rambut sehat dapat meminimalisasi kemungkinan terjadinya jerawat.​

9. Terekspos Sinar Matahari

terekspos sinar matahari

Sinar matahari pagi memang sangat bermanfaat buat kulit kita. Tapi kalau sudah agak siangan dikit sinar UV pada matahari malah jadi jahat dan berakibat buruk buat kulit kita.​

Selain bisa menyebabkan masalah pada pigmen kulit, panasnya sinar matahari bisa membuat kulit kita berkeringat dan mengeluarkan minyak lebih banyak.​

Hasilnya, kondisi kulit kita jadi lebih buruk dan berpotensi memunculkan jerawat.

Nah solusinya, kamu bisa gunakan sunblock, topi atau payung saat akan melakukan aktivitas di luar. Gak mau kan kamu jadi hitam terbakar matahari plus jerawatan. No no, big no deh.

Hal harus kamu perhatikan:

Untuk kamu yang berkulit sensitif, sinar matahari (terutama sinar matahari siang) adalah sesuatu yang sebaiknya dihindari.

Terkena sinar UV matahari pada siang hari menyebabkan kulit berkeringat dan wajah berminyak. Apabila tidak dibersihkan, hal ini dapat menyebabkan wajah menjadi gampang berjerawat.

10. Menggunakan Produk yang Tidak Cocok untuk Kulit

Penggunaan produk kecantikan atau kesehatan yang tidak cocok dengan kulit bisa menyebabkan terganggunya siklus alami kulit untuk mengeluarkan minyak.

Terganggunya kadar asupan minyak alami pada kulit menyebabkan kondisi kulit kita jadi lebih mudah untuk terserang jerawat.

Kamu bisa mengetahui produk apa yang cocok untuk kulit kamu dengan terlebih dulu tahu apa jenis kulit kamu.

Cara untuk mengetahui jenis kulit kamu


Untuk mengetahui jenis kulit kamu, bersihkanlah wajah kamu dengan cleanser dan tunggu 10 sampai dengan 15 menit.​

Jika wajah kamu mulai mengeluarkan minyak, itu berarti kulit kamu tipe berminyak.

Sebaliknya jika wajah kamu mulai terasa mengering, maka kulit kamu termasuk tipe kering.​

Kemudian pilih lah produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

  • Jika kamu adalah jenis kulit berminyak, pilih lah produk kecantikan yang berbentuk cairan, lotion yang tipis, atau berbentuk gel.
  • Dan untuk jenis kulit yang kering, pilih lah produk yang mengandung banyak lotion dan cream.

Namun jika kamu sudah terkena dampak dari salah pilih produk ini, cara yang bisa kamu jalankan untuk menyembuhkannya adalah dengan perawatan.

Hal harus diperhatikan:

Kulit kita tidak langsung sehat seketika, butuh perawatan. Perbanyak konsumsi buah - buahan dan sayuran dapat membantu proses penyembuhan dari dalam.

Dan dari luar kamu bisa menggunakan olive oil yang bagus untuk membantu regenerasi kulit kamu.

11. Menelpon dengan Handphone Terlalu Lama

Panas yang dikeluarkan oleh handphone membuat handphone menjadi tempat beranak - pinak yang cocok sekali untuk para kuman dan bakteri.

telpon sambil nyetir

Saat kamu menggunakan handphone untuk menelpon, kuman dna bakteri tersebut akan berpindah ke wajah kamu dan menambah daftar panjang penyebab jerawat mu.

Terus apa yang bis akita lakukan untuk menghindarinya?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari sentuhan langsung dengan permukaan handphone.

  • Gunakan earphone. Terlebih pada saat anda membawa kendaraan.
  • Gunakan fitur hands-free terlebih pada saat setir mobil atau motor.

Tips lain yang bisa kamu lakukan:

Pastikan kamu rutin membersihkan handphone kamu dengan hand sanitizer. Lap permukaan handphone kamu sampai bersih. Lakukan hal ini dengan rutin agar handphone kamu selalu bersih.

Perawatan Kulit Wajah

Perawatan kulit yang bagus gak harus selalu mahal kok. Dengan produk yang tepat dan tips - tips sederhana, kulit wajah yang cerah dan sehat bisa kamu miliki loh.​

Yuk kita cari tahu caranya.​

1. Cleanse dan Double Cleanse

​Jerawat akan muncul saat pori - pori wajah tersumbat oleh kotoran, minyak, dan juga keringat.

Penyumbatan ini akan membuat tubuh kita merespon lewat proses inflamasi yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat di wajah.​

Maka mencuci wajah menjadi sangat penting di sini.

Silahkan dicatat beberapa saran berikut ini.

Idealnya kamu harus mencuci wajah sehari dua kali dan pastikan tidak menggunakan sabun mandi biasa.

Sabun mandi biasa dapat membuat kulit wajah kamu jadi kering yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

Coba gunakan cleanser khusus perawatan muka untuk mencuci wajah kamu. Kalau bisa, jangan gunakan sembarang cleanser.

Perlu diperhatikan juga saat mencuci wajah agar menggunakan air hangat dan hindari menggosok - gosok wajah saat mengeringkan. Tepuk - tepuk lah wajah kamu dengan handuk saat mengeringkan.​

​Apa itu double cleansing?

Seperti namanya, double cleansing berarti mencuci muka dua kali tapi sebelum menggunakan cleanser, kamu gunakan minyak pembersih terlebih dahulu.

Tapi tahan dulu.

​Ini bukan sembarang minyak melainkan minyak khusus pembersih wajah yang tidak memiliki efek buruk pada wajah terutama sebagai penyebab terjadinya jerawat.

​Minyak pembersih wajah dapat membersihkan wajah dari bekas make-up, maskara, sun block, dan bahan-bahan kecantikan lainnya.

Bagaimana untuk double cleanse?

  1. Cuci tangan dan keringkan
  2. Urut pelan-pelan minyak pembersih kewajah kamu dengan mengunakan jari.​
  3. Kalau kamu rasa semua debu dan bekas make-up sudah terangkat, gunakan cotton pad dan handuk yang direndam air hangat untuk membersihkan wajah.
  4. Setelah membersihkan minyak pembersih, gunakan pembersih air untuk wajah.
  5. Teruskan dengan pengunaan moisturizer wajah yang berkualitas.

Seberapa sering harus melakukan double cleanse?

Sebetulnya ini tergantung.

Kadar minyak diwajah kamu, seberapa sering kamu menggunakan make-up, seberapa sering kamu beraktifitas diluar, dan bagi kamu dengan kadar minyak wajah berlebih, kamu harus double cleanse setiap pagi karena wajah kamu akan memproduksi minyak ketika kamu tidur.

Haruskah dilakukan?

Kalau kamu adalah seseorang dengan tingkat aktifitas tinggi dan selalu menggunakan make-up atau sun block setiap harinya, disarankan kamu double cleanse setiap hari sebelum tidur dan di pagi hari setelah bangun. 

Selain itu, dengan melakukan double cleanse rutin, kamu tidak usah khawatir ketika menggunakan produk baru untuk wajah seperti menggunakan serum atau cream wajah.

Sekedar informasi:

Melakukan cleansing dengan teratur dapat membantu menghilangkan jerawat atau mencegah timbulnya jerawat karena aktifitas yang kita lakukan.

2. Melakukan Exfoliasi Rutin Tapi Jangan Terlalu Sering

Exfoliasi adalah proses mengupas atau mengangkat sel kulit yang sudah mati agar digantikan dengan kulit yang lebih fresh.

  • Proses Exfoliasi biasanya dilakukan dengan memakai scrub.
  • Sebenarnya tubuh kita punya mekanisme Exfoliasi alami setiap 28 hari sekali, namun seiring bertambahnya usia alias kita bertambah tua, proses tersebut menjadi lambat sehingga berpengaruh juga terhadap kesehatan kulit kita.
  • Sel kulit mati yang tidak diangkat akan membuat kulit kita menjadi kusam dan lebih rentan terkena serangan jerawat.
  • Tapi jangan juga melakukan exfoliasi terlalu sering. Siklus alaminya adalah setiap 28 hari sekali.​

​Perhatikan kesehatan kulit wajah kamu adalah hal yang terbaik yang harus kamu lakukan

Exfoliasi Secara Fisik

Exfoliasi fisik memerlukan penggunaan pad, sikat, atau busa untuk membersihkan sel kulit mati pada kulit kamu.

Masalah yang akan kamu dapati dengan exfoliasi fisik adalah terkadang proses ini terlalu kasar untuk kulit kamu. Tidak jarang kulit akan memerah dan iritasi ketika proses exfoliasi ini dilakukan.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa coba gunakan gel seperti gel untuk massage atau pijat. Cara alternatif ini lebih disukai terutama oleh kaum hawa karena kulit dapat terhindar dari iritasi dan semacamnya.

Exfoliasi Secara Kimia

Exfoliasi secara kimia adalah cara yang lebih halus daripada beberapa metode yang disebutkan sebelumnya diatas.

Kulit menjadi lebih bersih setelah perawatan exfoliasi secara kimia karena memang pengaruh bahan kimia yang dipakai bekerja membersihkan kulit secara menyeluruh.

Bahan yang biasanya dipakai untuk metode exfoliasi ini adalah alpha dan beta hydroxy acids. Ini adalah bahan yang sama dengan yang terkandung pada toner dan facial mask.

​Mana yang terbaik?

AHA

BHA

Aksi yang dilakukan

Membantu membersihkan kotoran yang

​ada pada kulit

Membantu membersihkan

kulit

Larut dalam air

Larut pada minyak

Kulit kering dan sensitive

Kulit berminyak

Perbaikan dan perlindungan terhadap sinar matahari

Komedo dan jerawat

Satu hal yang perlu diingat, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung AHA dan BHA dapat meningkatkan tingkat sensitivitas pada kulit kamu terhadap sinar matahari.

​Sebelum berpergian, disarankan untuk memakai produk pelindung sinar matahari.

Untuk bagian muka, lebih baik lagi kalau kamu memakai topi untuk melindungi kulit muka dari sinar matahari secara langsung.

Yang perlu diingat:

Disarankan menggunakan exfoliate dipagi hari untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajah kamu.

Gunakan cleanser setelah proses exfoliasi.

3. Jangan Lupa untuk Melembabkan Kulit

Melembabkan kulit atau istilah kerennya moisturizing, adalah salah satu elemen dasar dalam perawatan kulit.

Kulit yang hilang kelembapannya akan membuat kulit jadi kering yang menjadikannya rentan terkena luka dan juga serangan jerawat.

Produk moisturizer yang bagus adalah yang berbahan dasar air. Gliserin juga bagus karena bisa digunakan untuk kulit yang sensitif.

Pilih juga produk yang tidka mengandung comedogenic, karena bisa menyumbat pori - pori.

Dan minyak jojoba juga bagus untuk wajah yang berjerawat.

4. Gunakan Pelindung Matahari

Melindungi kulit dari sinar matahari sangat berguna untuk kesehatan kulit secara menyeluruh.​

Melindungi diri dari sinar matahari selain dengan pakaian, topi, atau payung juga harus ditambahkan dengan sunscreen.​

Ada dua jenis sunscreen yang bisa kamu gunakan, physical sunscreen dan chemical sunscreen.

Yuk, mari kita coba pelajari keduanya...​

Physical Sunscreen

Chemical Sunscreen

Aksi yang dilakukan

Menggunakan filter fisik untuk memblokir dan menolak sinar Ultra Violet

Menggunakan filter kimia untuk menyerap sinar Ultra Violet

​Filter yang digunakan

  • Zinc Oxide
  • Titanium Dioxide
  • Oxybenzone
  • Avobenzone
  • Helioplex
  • Homosalate
  • 4-MBC

​Reaksi / Effek yang terjadi

  • Menyebabkan bercak putih pada kulit
  • Dapat menyebabkan komedo
  • Baik untuk kulit sensitif
  • Menyebabkan iritasi pada kulit
  • Akan terasa seperti tersengat lebah pada saat pertama kali pemakaian

​Proteksi terhadap

  • Zinc Oxide memproteksi penuh terhadap sinar UVA dan UVB
  • Titanium Dioxide memproteksi terhadap UVB tapi tidak sepenuhnya terhadap UVA
  • Tergantung dari bahan dasar kimia yang digunakan

1. Physical Sunscreen

Physical sunscreen adalah sunscreen yang melindungi kamu dari sengatan matahari secara langsung.

Bahan dari physical sunscreen yang kamu oleskan pada kulit akan menghadang sinar matahari. Physical sunscreen tidak akan terserap ke dalam kulit.

Tapi jika kulit kamu basah atau berkeringat, physical sunscreen akan hilang dan perlu untuk kamu pakai kembali.

Physical sunscreen cocok digunakan pada wajah yang berjerawat karena teksturnya yang lebih lembut.

2. Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen. Sunscreen ini menggunakan bahan kimia yang akan menyerap sinar matahari agar lebih aman pada kulit kita.

Untuk pemakaiannya kita perlu menunggu dulu selama 15 menit setelah dioleskan ke kulit sebelum pergi keluar.

Pilih lah sunscreen dengan bahan - bahan yang ringan agar tidak menyumbat pori - por kulit. Dan selalu cuci wajah mu sebelum dan sesudah menggunkaan sunscreen.

Yang penting untuk diingat:

Gunakanlah sunscreen yang memiliki formula ringan terutama untuk chemical sunscreen

Sehabis menggunakan sunscreen, pastikan kamu bersihkan wajah kamu secara menyeluruh agar tidak timbul flek-flek yang tidak diinginkan akibat penggunaan sunscreen terlalu lama tanpa dibersihkan.

Cara terbaik membersihkan sunscreen adalah dengan mengaplikasi metode double cleanse.

5. Gunakan Toner pada Perawatan Kulit Kamu

Moisturizing aloe

Toner adalah penyegar wajah setelah kamu membersihkan atau mencuci wajah.

Selain bisa menyegarkan wajah, toner juga bisa membantu regenerasi kulit, melembapkan kulit, mengurangi stres pada kulit, serta menyeimbangkan ph pada kulit.

Toner juga bisa digunakan untuk memaksimalkan penggunaan produk lainnya seperti moisturizer. Jadi baiknya kamu gunakan toner sebelum menggunakan moisturizer.

Dan perlu diingat, jangan menggunakan toner dengan kandungan alkohol.

Keuntungan menggunakan toner adalah kemampuannya untuk membantu kulit terutama kulit wajah untuk dapat menyerap produk perawatan wajah lebih baik lagi.

Karena itu, sangat disarankan agar kamu menggunakan toner sebelum menggunakan produk perawatan wajah seperti serum dan moisturizer.​

Tolong dicatat:

Kalau toner yang kamu gunakan mengandung AHA dan salicylic acid, dan cocok untuk kulit kamu, silahkan teruskan. Tapi, kalau tidak cocok... Jangan diteruskan ya... Cari yang cocok.

6. Lakukan Spot Treatment pada Malam hari

​Spot Treatment adalah perawatan khusus yang kamu lakukan pada tempat - tempat tertentu di wajah yang muncul jerawat saat sedang melakukan upaya pengusiran jerawat.

Gimana? Maksudnya apa?​

  • Saat kamu sedang melakukan perwatan untuk menghilangkan atau mencegah jerawat datang kembali, akan ada beberapa jerawat yang muncul karena penyesuaian wajah kamu dengan perawatan yang sedang dijalani.
  • Produk yang digunakan untuk spot treatment mengandung bahan - bahan yang dapat mengusir jerawat secara cepat, biasanya akan hilang dalam waktu semalam.​
  • Jika wajah kamu mengalami iritasi, biarkan wajah kamu melakukan penyembuhan terlebih dahulu sebelum melakukan spot treatment.

Cara Lakukan Spot Treatment

Lakukan layering yang tipis saja pada kulit wajah kamu.

Disarankan produk untuk spot treatment sebaiknya digunakan untuk jerawat yang belum terbentuk sepenuhnya

Pastikan tidak ada bahan perawatan atau kecantikan lainnya sebelum menggunakan spot treatment pada wajah kamu

Catatan:

Kalau kulit kamu sedang bermasalah, merah atau kulit iritasi, jangan gunakan spot treatment. Sembuhkan terlebih dahulu sebelum kamu gunakan spot treatment pada wajah kamu.

7. Pastikan untuk Tetap Higienis

Cara paling terpercaya untuk melawan jerawat adalah dengan tetap menjaga kebersihan tubuh, terutama wajah kita.

Gak bisa dong kita mengandalkan produk - produk di atas tapi cuek sama kebersihan diri sendiri.

  • Jadi pastikan tangan kamu untuk jauh - jauh dari wajah. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tangan kita ini gudangnya berbagai macam bakteri dan kuman.
  • Tangan habis pegang uang lecek yang gak tau udah kemana aja.
  • Bahkan fyi nih ya, handphone itu ternyata punya bakteri dan kuman yang lebih banyak daripada tempat duduk toilet. Hih.
  • Rajin - rajin lah juga untuk mencuci tangan dan wajah secara teratur atau setelah kegiatan di luar.
  • Dan jangan lupa untuk selalu mengganti sarung bantal, selimut, dan handuk kamu. Karena sebagus apa pun perawatan yang kamu gunakan akan sia - sia kalau tempat kamu tidur dan handuk kamu jadi sarang bakteri dan kuman.​

Bahan - Bahan Alami untuk Hilangkan Jerawat

Gimana sekarang? Udah tahu kan makanan apa aja dan pola hidup kayak gimana yang harus kamu lakuin untuk membasmi jerawat dari hidup kamu.

Dan kabar gembiranya gak cuma itu aja yang bisa kita lakuin untuk menanggulangi masalah perjerawatan ini.

Kita akan kupas tuntas lagi tentang bahan - bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengusir jerawat - jerawat nakal.

Namanya juga bahan alami, selain sudah disediakan sama alam, bahan - bahan ini mudah kita temukan di keseharian kita.

Yuk langsung aja kita mulai.

1. Putih Telur

Putih telur adalah bahan pembasmi jerawat yang murah banget. Kalau kamu gak nemuin di dapur, tinggal ke warung sebelah rumah aja pasti ada deh.

Putih telur mengandung vitamin dan asam amino yang bisa menghilangkan jerawat dengan cepat dan membantu regenerasi sel kulit.​

putih telur dan mangkok

Putih telur juga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah serta bisa membantu menghilangkan komedo di hidung. Wah multiguna banget yah si putih ini.

Kamu butuh 2 buah telur, kemudian pisahkan putih telur dengan kuning telurnya.

Kemudian kocok putih telur sampai mengembang. Oleskan pada wajah secara merata dan tunggu sampai mengering.​

Dan bilas dengan air hangat.

white egg for pimples

Baca artikelnya disini

2. Lidah Buaya

Kalau kamu suka menanam di depan rumah pasti tumbuhan yang satu ini jadi salah satu yang kamu tanam.

Atau kamu juga bisa mendapatkan lidah buaya di supermarket kok.

Lidah buaya mengandung zat aktif yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat, serta mengandung antioksidan dan Vitamin C dan E yang bisa membantu regenerasi sel kulit yang rusak.

Lidah Buaya di Pot

Pertama - tama potong lidah buaya dan buang bagian durinya. Kemudian kupas kulitnya sampai tinggal bagian gelnya saja.​

Haluskan dengan blender. Dan tinggal oleskan ke wajah. Tunggu sekitar 3 sampai 5 menit.

Dan bilas dengan air dingin.​

aloe vera for acne

Baca artikelnya disini

3. Pepaya

Pepaya terkenal sebagai buah yang kaya akan serat dan dapat melancarkan pencernaan.

Selain itu, pepaya juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan kulit wajah serta mengobati jerawat.​

Ambil beberapa potong pepaya dan haluskan.

Buah pepaya

Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu sampai 10 - 15 menit.

Terakhir bilas dengan air hangat.

4. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini selain terkenal karena berguna untuk mengusir vampir ternyata juga ampuh untuk mengusir jerawat loh.

Kandungan zat pada bawang putih dapat mengeringkan jerawat dan membunuh bakteri pada jerawat.

Kamu perlu beberapa siung bawang putih dan haluskan.

Bawang putih

Kemudian oleskan pada wijah dan tunggu sampai sekitar 5 menit.

Lalu bilas dengan air hangat.

5. Gula

Si manis yang satu ini mengandung AHA dan glikolat yang bisa mengangangkat sel kulit mati serta mengatasi jerawat dan bekasnya.

Campurkan 2 sendok makan gula dengan satu sendok makan air. Kemudian aduk hingga merata.

Oleskan pada wajah dan tunggu sampai 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.​

Gula

6. Madu

Madu di tangan kananmu, racun di...Eh kok malah nyanyi sih hehe.

Madu mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri dan mencegah jerawat.

Sediakan beberapa tetes madu dan oleskan pada wajah.

Diamkan sampai mengering. Kemudian bilas dengan air dingin.

Madu alami
honey for acne

Baca artikelnya disini

7. Es Batu

Es batu dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah dan mengurangi stres pada kulit wajah.

Sediakan es batu yang terbuat dari air yang bersih.

Bungkus es batu ke dalam kain. Kemudian oleskan seperti saat melakukan kompres pada luka.

Es batu

Lakukan terus sampai jerawat pada wajah mulai mengempis.

8. Lemon

Lemon mengandung zat - zat anti bakteri yang dapat mencegah dan mengobati jerawat yang membandel.

Lemon juga dapat mengangkat sel - sel kulit mati.

Peras sari buah lemon dan oleskan perasan tersebut pada wajah dengan menggunakan kapas.

buah lemon

Diamkan sampai mengering dan bilas dengan air.

9. Tomat

Tomat sangat bagus untuk kesehatan kulit dan dapat mencegah timbulnya jerawat.​

​Kandungan lycopene pada tomat juga dapat mengurangi penuaan loh.

Cara pemakaiannya gampang banget, iris tomat dan oleskan bagian daging buahnya pada wajah.​

buah tomat

Tunggu hingga mengering, kemudian bilas dengan air.

10. Daun Kemangi

Daun kemangi yang biasanya jadi temen makan pecel lele ini juga berguna untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Daun kemangi mengandung antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Ambil beberapa daunkemangi dan halus kan sedikit dengan sendok.

Kemudian rebus dengan segelas air selama 5 menit.

Daun kemangi

Setelah mendidih, tunggu hingga air rebusannya dingin.

Oleskan air rebusan ini ke wajah dengan menggunakan kapas.

11. Mentimun

Mentimun sangat bagus untuk meregenerasi sel - sel kulit yang rusak dan kandungan Vitamin E yang membantu mencegah timbulnya jerawat.

Iris mentimun dan oleskan bagian daging buahnya pada wajah.

Kemudian biarkan selama 15 - 20 menit.

Dan bilas wajah dengan air.

Mentimun

12. Alpukat

Selain bis adibuat menjadi jus yang enak, alpukat juga adalah bahan pembasmi jerawat yang ampuh.

Kandungan Vitamin E yang kaya pada alpukat sangat bagus untuk mencegah peradangan pada kulit serta ampuh untuk mencegah jerawat.​

Selain itu juga, alpukat dapat membuat kulit kita halus dan menjadi kenyal.

buah alpukat

Haluskan lah satu buah alpukat yang dicampur dengan madu dan jeruk nipis secukupnya.

Biarkan sampai 15 - 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.​

13. Strawberry

Siapa yang tidak suka dengan buah yang satu ini coba?​

Bentuknya yang unik dan rasanya yang manis membuatnya jadi salah satu buah favorit.

Kandungan salicyclic pada strawberry dapat digunakan untuk mengobati jerawat.

Haluskan satu buah strawbery dengan satu sendok teh madu.

buah strawberry

Kemudian oleskan campuran tadi ke wajah dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.

14. Wortel

​Makanan yang bagus untuk mata ini juga bermanfaat untuk kulit kita.

Kandungan Vitamin A pada wortel menjadi sumber utama pada obat - obatan penghilang jerawat.

Kamu dapat meminum jus wortel untuk pengobatan dari dalam tubuh.

Dan juga bisa mengoleskan jus wortel tersebut langsung pada wajah yang berjerawat.

Wortel

Tunggu sampai mengering dan bilas dengan air.

15. Kunyit

Kunyit mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang bagus untuk melawan jerawat pada wajah.

Parut dua butir kunyit dan tambahkan sedikit air.

Kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Tunggu sampai mengering, keudian bilas dengan air hingga bersih.​

kunyit
turmeric for acne

Baca artikelnya disini

16. Kulit Pisang

​Jangan buang kulit pisang sehabis kamu makan.

Karena kulit pisang bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mencegah jerawat.

Iris kecil - kecil kulit pisang.

Kemudian oleskan bagian dalam kulit pisang pada wajah dan diamkan sampai 30 menitan.

Lalu bilaslah dengan air sampai bersih.​

kulit pisang
banana peel to treat acne

Baca artikelnya disini

17. Cuka Sari Apel

Kamu bisa mendapatkan cuka sari apel dari super market.

Cuka sari apel mengandung desinfektan, anti bakteri, dan anti inflamasi yang dapat membantu untuk mencegah dan mengobati jerawat.

Campurkan cuka sari apel dengan air secara seimbang.

Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut pada wajah.

cuka sari apel

Oleskan pada wajah saat akan tidur dan bilas saat bangun tidur nanti.​

18. Air Putih

Nah bahan alami yang satu ini juga paling mudah banget didapatkan.

Untuk menghilangkan jerawat dengan air putih caranya gampang banget.

Kamu cukup minum air yang cukup sekitar 8 gelas per hari. Konsumsi air putih yang cukup akan membantu tubuh kamu membuang racun - racun di dalam tubuh yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan uap air dari air rebusan untuk membantu pernafasan kulit wajah kamu.

Hadapkan wajah kamu pada uap air rebusan smapai pori - pori wajah anda terbuka, keudian bilas dengan air dingin.​

air putih

19. Kulit Jeruk

Selain kulit pisang, kulit jeruk juga jangan langsung dibuang.

Kulit jeruk mengandung Vitamin C dan asam alpha hiroksi yang bisa membersihkan kulit dan mengangkat sel - sel kulit mati.​

Jemur sampai kering kulit jeruk kemudian haluskan.

Tambahkan sedikit air pada kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta.​

kulit jeruk

Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5 - 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

20. Minyak Pohon Teh

Bahan yang satu ini mungkin agak sulit untuk dicari, namun kandungan dalam minyak ini banyak dipakai dalam obat - obat anti jerawat.

Minyak ini dapat mengusir bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat pun minggat dari wajah kita.

Tapi minyak pohon teh juga bisa menimbulkan alergi, maka baiknya tes dulu oleskan pada tangan sebelum mencobanya.

minyak pohon teh

Campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air, dan aduk.

Kemudian oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas.

tea tree oil for acne

Baca artikelnya disini

21. Pasta gigi

Ternyata pasta gigi juga bisa loh untuk hilangkan jerawat.

Beberapa bahan aktif pada pasta gigi dapat digunakan untuk mengobari wajah yang berjerawat.

Oleskan pasta gigi langsung pada bagian yang berjerawat.

Tunggu sampai semalaman dan bilas saat kamu bangun tidur nanti.

pasta gigi

22. Baking Soda

Bahan untuk pengembang roti ini juga ampuh untuk mengatasi jerawat.

Baking soda dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran dari pori - pori kulit.

Baking soda terkadang dapat menyebabkan alergi pada kulit, jadi pastikan kamu mencobanya terlebih dahulu dengan mengoleskannya sedikit.

baking soda

Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air, aduk hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta tadi ke wajah dan biarkan sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

How to Cure Acne with Baking Soda

Baca artikelnya disini

23. Daun Pepaya

Gak cuma buahnya aja yang bisa untuk mengobati jerawat, daun pepaya juga bisa untuk mengusir jerawat.

Kandungan nutrisi dan antioksidan pada daun pepaya dapat digunakan untuk mengusir jerawat yang membandel.

Jemur dan keringkan 4 - 5 lembar daun pepaya. Kemudian tumbuk sampai halus.

daun pepaya

Tambahkan sedikit air dan aduk sampai menjadi pasta.

Oleskan pada wajah yang berjerawat dan tunggu sampai 30 menit.

Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Obat - Obat Penghilang Jerawat

Makanan untuk menghilangkan jerawat, sudah. Pola hidup untuk bisa mencegah dan mengatasi jerawat, sudah.

Bahan - bahan alami untuk mengusir jerawat juga sudah.

Nah belum komplit kalau belum menyertakan obat - obatan untuk menghilangkan jerawat.

Kalau sudah berbentuk obat, pasti sudah lewat pengujian dan memang khusus ditujukan untuk membasmi jerawat.

So, here they are.

1. Benzoil Peroksida

Benzoil Peroksida adalah bahan yang terbukti ampuh untuk mengobati jerawat. Pada penggunaannya, benzoil peroksida biasa dicampurkan pada produk kosmetik dan pembersih wajah.​

Benzoil Peroksida bisa menurunkan produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Sebagaimana obat - obat lainnya, benzoil peroksida juga memiliki efek samping seperti kulit menjadi kering, gatal - gatal, kemerahan, atau alergi yang parah.​

Maka sebaiknya kamu coba dulu menggunakan sedikit benzoil peroksida pada kulit sebelum menggunakannya secara teratur.

Untuk menghindari efek sampingnya, cuci terlebih dahulu wajah anda dengan sabun muka yang lembut dan keringkan selama 15 - 20 menit sebelum menggunakan benzoil peroksida.

Beberapa sabun muka untuk penghilang jerawat yang ada di pasaran Indonesia mengandung benzoil peroksida.​

Jadi kamu gak perlu repot - repot mencari benzoil peroksida kalau ingin menggunakannya.

2. Asam Salisilat

Asam salisilat termasuk produk perawatan kulit wajah yang dapat mengobati jerawat, komedo, dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Asam salisilat bisa kamu temukan di toko obat dan apotik. Tapi jangan sembarangan untuk menggunakannya, konsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.​

3. Resorcinol

Resorcinol adalah obat berbentuk salep yang bis amengobati kulit yang mengeras, mengobati iritasi ringan pada kulit, dan juga untuk mengobati jerawat.

Penggunaannya cukup dengan mengoleskan resorcinol pada bagian kulit atau jerawat yang akan diobati.

Resorcinol bisa kamu dapatkan di berbagai toko obat dan apotik. Dan pastikan penggunaannya atas saran dari dokter.

4. Salicylic Acid

Salicylic acid termasuk bahan kimia yang biasa ada pada aspirin, namun jug abanyak digunakan pada sabun wajah untuk kulit berjerawat.

Salicylic acid ini berguna untuk meregenerasi sel - sel kulit yang telah mati.

Bahan kimia ini juga mampu untuk mengangkat kotoran - kotoran pada pori - pori wajah seperti sisa - sisa makeup.

Sama seperti benzoil peroksida, bahan kimia ini bisa kamu temukan di beberapa sabun cuci muka yang ada di pasaran Indonesia.

5. Sulfur

Sulfur atau belerang dikenal sebagai salah satu bahan kimia yang dapat membantu untuk menghilangkan jerawat dengan cepat atau pun penyakit kulit lainnya seperti gatal - gatal dan panu.

Sulfur dapat merangsang pembentukan kulit baru dan mengangkat sel - sel kulit yang sudah mati.

Selain itu sulfur juga dapat menjaga kelembapan kulit dan membasmi bakteri penyebab jerawat.

Sekarang ini kamu bisa dengan mudah menemukan sabun muka atau sabun mandi yang mengandung sulfur di dalamnya, salah satunya sabun mandi dengan merek jf sulfur.

​Kesimpulan

Menghilangkan jerawat tidak bisa dengan langsung sekejap saja.

Ada banyak faktor penyebab jerawat dan memerlukan perawatan yang berbeda - beda.

Seperti bagian tubuh lainnya, wajah kamu juga butuh waktu untuk melakukan penyembuhan.

Jadi kalau kamu sudah melakukan semua cara untuk menghilangkan jerawat seperti yang sudah dibahas di atas, maka kamu perlu bersabar.

Gak pernah ada jalan pintas untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan sehat.

Tetap lakukan tips - tips di atas dan yang paling penting jaga kebersihan diri kita.

So, selamat mencoba, dan semoga kamu berhasil untuk mengusir pergi jerawat - jerawat nakal itu dari wajah kamu. Dadah dan sampai jumpa di lain kesempatan.​

Zuffes
 

Aku seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak (hm...) yang suka sekali memasak, traveling, baca dan cari informasi tentang kesehatan dan kecantikan. Sebetulnya, waktuku untuk pekerjaan rumah saja sudah padat. Tapi, karena anak-anak perempuan aku suka tanya-tanya tentang kesehatan dan suka sekali perhatikan kecantikan mereka dan aku juga suka share dengan mereka tentang hal-hal ini, aku putuskan untuk sharing juga melalui web zuffes ini.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: